Kemanusiaan Kata-kata

Jeppe Indrawisudha
: P.A.T.

Seorang kawan menulis puisi tentangmu
aku jadi iri sebab
aku pernah berada dalam iring-iringan
membela kemanusiaanmu
mengutuk tiran yang kuasanya bau mesiu
lalu membasahi jalanan dengan anyir darah
hilang nyawa berapa entah
dan aku jadi si bisu bernyanyi sunyi.

Dari puisi seorang kawan tentangmu
aku jadi malu sebab
aku melupa bagaimana rerupa
kemanusiaan yang dinyanyiteriakkan
orang-orang lusuh
di jalan-jalan bermata-mata
dengan moncong-moncong senjata
yang siap beri mereka mati muda.

Dan kini aku yang cuma main kata
berterimakasih pada seorang kawan
yang menulis puisi tentangmu
sebab aku kembali membaca

kemanusiaan kata-katamu:

"Saya adalah manusia yang baik
karena saya menginginkannya,
bukan karena agama,
undang-undang, atau paksaan.

Saya ingin dianggap manusia baik
karena keinginan saya,
karena nurani saya….."


Pulogadung, 24 Februari 2010

Jeppe Indrawisudha, sports producer TVOne.